VERIFIKASI LAPANGAN HYBRID (VLH) EVALUASI KABUPATEN LAYAK ANAK 2021

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Muh. Bakri, SH., MH selaku yang mewakili Bupati Kolaka menghadiri Pelaksanaan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2021 Kabupaten Kolaka oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang digelar secara virtual di Command Center Diskominfo Pemda Kolaka, Kamis (10/6/2021).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Sekda Kolaka Drs. H. Poitu Murtopo, M. Si, Kepala Bappeda Sjamsul Kadar, SE., M. Si yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak, Ketua TP PKK Kab. Kolaka Hj. Herti Safei, Kadis DP3A, Dalduk & KB Prov. Sultra atau yang mewakili, Kapolres Kolaka yang mewakili, Kepala BNN, Pimpinan PT Antam, Kepala OPD yang di Lingkup Pemda Kolaka, Forum anak, Camat dan Lurah serta undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra selaku yang mewakili Bupati Kolaka menyampaikan, dengan adanya kegiatan VLH Kabupaten Layak Anak tahun 2021 ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk memastikan bahwa hak-hak setiap anak dapat terpenuhi.

Untuk itu, komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka untuk mendorong pemenuhan hak dan perlindungan anak telah tertuang secara nyata dalam Visi Kabupaten Kolaka masa 2019-2024 yaitu terwujudnya Kabupaten Kolaka yang semakin maju, berkeadilan dan sejahtera. Dimana secara jelas termuat dalam Misi ketiga yaitu Meningkatnya Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan Serta Penguatan Sendi-sendi Sosial Budaya dan Agama, yang secara teknis dilaksanakan oleh dinas PPPA Kab. Kolaka.

Hal ini semakin diperkuat dengan adanya gugus tugas kabupaten layak anak yang telah melaksanakan fungsinya masing-masing melalui rencana aksi daerah pengembangan kabupaten layak anak Kabupaten Kolaka tahun 2018-2022.

Berbagai upaya untuk pencapaian Kabupaten Layak Anak Kabupaten Kolaka tahun 2019-2020 telah dilaksanakan melalui optimalisasi peran, tugas dan fungsi masing-masing stakeholder sesuai indikator-indikator penilaian yang ada pada setiap kluster.

“Tentu ini merupakan hal yang positif bagi kita semua karena sudah sangat jelas bahwa tujuan utama sinergitas yang telah kita lakukan secara bersama bukan hanya untuk pencapaian predikat, akan tetapi lebih kepada pencapaian secara utuh terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan anak untuk menghasilkan generasi yang unggul dan berkualitas,”ungkapnya.

Lanjutnya, Asisten I juga menyampaikan, terima kasih dan sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh Tim Independen bersama Tim Asisten Deputi Kementerian PPPA RI.

Dengan adanya kegiatan ini, kami juga mengharapkan bimbingan, masukan dan arahan dari tim verifikator untuk dapat meningkatkan upaya kami dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak untuk mewujudkan Kabupaten Kolaka sebagai Kabupaten layak anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *