SOSIALISASI SABER PUNGUTAN LIAR DAN PEDOMAN KOTA BEBAS PUNGLI

Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Kab. Kolaka Drs. Wardi, M. Si membuka secara resmi acara sosialisasi unit pemberantasan pungutan liar (UPP) dan Pedoman Kota Bebas Pungli di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Kamis (26/8/2021).

Hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Kapolres Kolaka, Kepala Inspektorat, Dirwasda Polda Sultra Saber Pungli sekaligus pemateri sosialisasi Kombes Polisi R. Bambang Tjahjo Naomi, SH., S.I.K., M. Him., M. Si, Kepala SKPD lingkup Pemda Kolaka, Camat serta peserta sosialisasi lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten III yang dalam hal ini mewakili Bupati Kolaka menyampaikan, bahwa pungutan liar atau UPP merupakan perbuatan yang sangat merugikan negara atau daerah dan meresahkan masyarakat karena dilakukan tanpa memiliki dasar hukum yang sah maka pungutan jenis ini bisa dipastikan tidak masuk dalam kas negara atau daerah akan tetapi masuk ke kantong pribadi atau kelompok orang tertentu saja. Dampak negatif yang ditimbulkan dalam pungutan liar ini selain sangat merugikan keuangan negara atau daerah juga berdampak terhadap terjadinya biaya ekonomi yang tinggi artinya biaya untuk memproduksi sesuatu baik itu barang atau jasa menjadi lebih tinggi atau mahal sehingga dapat menjadi beban bagi masyarakat selaku konsumen dari barang atau jasa tersebut.

Oleh karena itu, diharapkan seluruh aparatur pemerintah harus bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya untuk memberantas pungutan liar bahkan lebih dari itu harus berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah jangan sampai ada pungutan liar atau pungli.

Asisten III bidang Administrasi Umum juga menyampaikan, bahwa satuan tugas sapu bersih pungutan liar saat ini sudah melaksanakan fungsi intelijen pencegahan dan penindakan. “Saya berharap satuan tugas sapu bersih pungutan liar ini hendaknya dapat lebih mengoptimalkan upaya pencegahan dan mengintegrasikan program sosialisasi baik pada tataran aparat, publik maupun pada siswa-siswi sekolah,”ujarnya.

Sehingga dapat terbentuk karakter anti pungutan liar lebih dini sebagaimana yang telah dilakukan kegiatan sosialisasi pada tahun-tahun sebelumnya di wilayah kecamatan se Kabupaten Kolaka oleh satuan tugas Saber Pungli Kabupaten Kolaka.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh unit pemberantasan pungutan liar Provinsi Sulawesi Tenggara ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat karena semakin menambah referensi serta pemahaman kita mengenai apa yang boleh dikerjakan terkait dengan pungutan liar dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan, sehingga tidak ada lagi pungutan liar di daerah Kabupaten Kolaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *