SOSIALISASI PERCEPATAN REALISASI ANGGARAN DAN PENYERAHAN DIPA

Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH menghadiri kegiatan Sosialisasi Percepatan Realisasi Anggaran dan Penyerahan DIPA tahun 2022 di Hotel Sutan Raja Kolaka, Rabu (15/12/2021).

Turut hadir Kepala Kanwil DJPB Provinsi Sulawesi Tenggara bpk Sugiarto,Kepala KPPN Kolaka, Ketua DPR Kolaka,Kapolres Kolaka, mewakili Kapolres Kolaka Utara, Kajari Kolaka dan Kolaka Utara,
Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, Kepala Badan Pusat Statistik Kolaka, Kemenag Kolaka dan Kolaka Utara, serta Kepala SKPD lingkup Pemda Kolaka, serta tamu undangan lainnya.

Penyerahan Dipa secara simbolis yang diberikan kepada Kajari Kolaka, Pengadilan Negeri Kolaka, Kemenag Kolaka, Badan Pusat Statistik Kolaka, dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Kolaka. Serta dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas bupati kolaka, Kepala KPPN Kolaka, Kapolres Kolaka, Kemenag Kolaka, dan Kajari Kolaka.

Dalam sambutannya Kanwil DJPB Sultra menyampaikan, kegiatan penyerahan dipa tahun anggaran 2022 untuk wilayah pembayaran Kab. Kolaka pada anggaran pemerintah APBD dan APBN
merupakan instrumen yang sangat penting dalam mendukung stimulus untuk menggerakan perekonomian diseluruh pelosok Indonesia dan khususnya di wilayah Kab. Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur.

Oleh karena itu, seluruh satuan perangkat kerja pemerintah daerah tentunya sangat kita harapkan segera melakukan langkah persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2022 diantaranya melakukan percepatan proses pengadaan barang dan jasa.

Jadi mohon setelah menerima dipa bisa segara dilakukan proses lelang dan penandatangan kontrak dan kontak tersebut bisa berlaku secara efektif mulai satu januari 2022

“Kami berharap agar sinergi yang baik antara satuan kerja pemerintah pusat dan daerah bisa semakin ditingkatkan kedepan dengan peningkatan kualitas pelaksanaan anggaran, guna untuk mewujudkan tujuan nasional yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka mengatakan menjelang akhir tahun ini kita selalu mengadakan kegiatan penyerahan dipa dan pada tahun ini kembali diserahkan dipa anggaran tahun 2022 dengan mengundang para kuasa pengguna anggaran satuan kerja Kementerian Lembaga dan ini kegiatan agenda tahunan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang juga telah di laksanakan pada tingkat provinsi oleh bapak Gubernur Sultra pada senin yang lalu.

Dana APBN tahun 2022 ini juga dirancang untuk tetap mengantisipasi pandemik covid-19 yang belum berakir, namun dengan tetap memperhatikan resiko dan pentingnya menjaga keberlanjutan piskal dalam jangka menengah dan panjang dan kondisi seperti ini sebagai instrumen kebijakan piskal memiliki peranan yang sangat penting dalam menghadapi krisis akibat pandemik covid-19 dan perlunya perlindungan sosial terhadap masyarakat berdampak bagi pemulihan ekonomi serta penguatan pondasi ekonomi Indonesia.

Untuk itu diharapkan semua satuan kerja dan pemerintah daerah agar segera melakukan langkah-langkah persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2022 diantaranya, rencanakan dan laksanakan kegiatan dari awal tahun dan segera lakukan proses pengadaan lelang refocusing dan lain-lain untuk belanja yang memerlukan proses PGJ sesuai dengan ketentuan, pengadaan dibawa lima puluh juta diharapkan melalui Bela Pengadaan dan Digipay Marketplace dengan mengutamakan UMKM setempat,
ketepatan laporan pertanggung jawaban transparansi akuntabilitas dari praktek korupsi dan gratifikasi.

“Saya mengajak kita semua khususnya para kuasa pengguna anggaran dan semua pihak yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan agar dapat menjaga amanah dengan baik dan bekerja dengan cepat, responsif, bertanggung jawab terhadap segala permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara serta selalu bekerja sama dan saling mendukung dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara dan daerah Kabupaten Kolaka yang sama sama kita cintai ini,”ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *