RAPAT PARIPURNA (PEMBICARAAN TINGKAT II) DPRD KABUPATEN KOLAKA

Sekretaris daerah Kab. Kolaka dalam hal ini mewakili Bupati Kolaka menghadiri Rapat Paripurna (Pembicaraan TK. II) DRPD Kab. Kolaka dalam rangka persetujuan bersama rancangan peraturan daerah Kab. Kolaka tentang APBD Kab. Kolaka tahun anggaran 2022. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, yang mana rapat ini dilaksanakan di Aula Sangia Nibandera DPRD Kolaka, Selasa (30/11/2021).

Turut hadir pada rapat tersebut Anggota DPRD Kolaka, yang mewakili Forkopimda, Kepala SKPD, para camat, insan pers serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Kolaka yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah menyampaikan, proses pembahasan anggaran tahun 2022 menggambarkan betapa pentingnya menyamakan persepsi tentang prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan Pemda Kolaka. Sinergi yang kuat antara DPRD dan Pemda merupakan bentuk tanggung jawab bersama dalam upaya mencapai target pembangunan dan sesuai dengan yang ditetapkan dalam dokumen rencama pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Kolaka tahun 2019 – 2024.

Sebagaimana kita ketahui asumsi pendapatan daerah APBD Kolaka tahun 2022 mengalami koreksi yang cukup signifikan yang disebabkan oleh menurunnya transfer ke daerah dan dana desa (TKDD ) yang terjadi pada seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

“Akan tetapi kita pemda harus tetap optimis dengan penganggaran yang selektif, maka program prioritas dapat kita selenggarakan,”ujarnya.

Adapun total APBD tahun anggaran 2022 direncanakan akan sebesar 1 trilyun 225 milyar rupiah, hal ini sesuai dengan hasil pembahasan yang telah dicapai bersama.

Sekda Kolaka juga mengatakan, bahwa pelaksanaan pembangunan daerah tahun 2022 merupakan bentuk dan kesungguhan kita dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Kolaka. Dengan titik fokus pada pemantapan kualitas pembangunan dan SDM untuk meningkatkan nilai tambah potensi daerah dalam upaya pemulihan ekonomi dan reformasi struktural, sesuai dengan tema pembangunan daerah.

Dengan telah disetujuinya rancangan anggaran dan belanja daerah tahun anggaran 2022 ini, maka eksekutif dan legislatif pada hakikatnya mempunyai tanggung jawab yang sama sesuai fungsi dan kewenagannya untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan pembangunan pada tahun 2022 di Kabupaten Kolaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *