RAPAT KOORDINASI PENGUATAN SISTEM INOVASI DAERAH KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2021

Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Kolaka Mustajab, SE., M. Si dalam hal ini mewakili Bupati Kolaka membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) tahun 2021 bertempat di Aula Hotel Sutan Raja Kolaka, Kamis (21/10/2021.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Balitbang Kab. Kolaka dalam hal ini diwakili oleh Sekdis Balitbang, Ibu Narasumber Anita, S. Sos., M. Si selaku peneliti / Koordinator kajian manajemen pemerintahan – Puslatbang KMP LAN Makassar, , Kepala SKPD lingkup Pemda Kolaka, serta para peserta rapat lainnya.

Dalam laporannya panitia penyelenggaraan kegiatan menyampaikan, tujuan dari adanya kegiatan rapat koordinasi penguatan sistem inovasi daerah tahun 2021 yaitu untuk memberikan gambaran dan pemahaman terhadap peserta/ seluruh OPD tentang inovasi, juga untuk meningkatkan indeks inovasi dan daya saing daerah serta membangkitkan semangat inovasi daerah.

Adapun sasaran dari pelaksanaan rapat tersebut adalah terwujudnya peningkatan pemahaman tentang inovasi pada setiap OPD di lingkungan pemerintahan Kab. Kolaka.

Sementara itu, Aisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Kolaka dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah disebutkan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi. Selanjutnya dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2019 tentang kompetisi inovasi pelayanan publik di lingkungan Kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD menyatakan bahwa setiap instansi wajib mengikutsertakan paling sedikit 1 (satu) inovasi di lingkungan instansi masing-masing setiap tahunnya.

Untuk itu, sebagai implementasi dari peraturan tersebut maka diharapkan agar setiap opd di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka harus memiliki minimal 1 inovasi.

Selaras dengan tujuan nasional ini, Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kolaka melaksanakan kegiatan rapat koordinasi penguatan sistem inovasi daerah (SIDa) untuk memberikan pengetahuan dan gambaran tentang inovasi. Sehingga setiap OPD dapat membuat inovasi dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik. Pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah. Hal itu merupakan bentuk upaya dalam mewujudkan Kolaka yang semakin maju, berkeadilan dan sejahtera.

Oleh karena itu, saya mengharapkan peran aktif dari semua peserta rapat koordinasi penguatan sistem inovasi daerah (SIDa) agar dapat mengikuti dan memahami apa yang telah disampaikan oleh narasumber, sehingga penyelenggaraan kegiatan ini dapat menjadi titik awal bagi peserta untuk meningkatkan inovasi pada instansi masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *