PERESMIAN PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI NASIONAL PENGENDALIAN INFLASI TAHUN 2021

Kepala Bappeda H. Syamsul Kadar, SE., M.Si yang dalam hal ini mewakili Bupati Kolaka menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang digelar secara virtual di Command Center Diskominfo Pemda Kolaka. Kegiatan ini mengusung tema “Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan”, Rabu (25/8/2021).

Rapat tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dari Istana Negara. Dalam arahannya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan rasa syukurnya Karena ditengah ketidakpastian saat ini perekonomian Indonesia semakin membaik dengan tingkat Inflasi yang terkendali.

“Kita wajib bersyukur, meskipun saat ini kita masih menghadapi ketidakpastian perekonomian negara kita kita semakin membaik. Tetapi tetap sja kita harus lebih menjaga kewaspadaan,”ujarnya.

Pada kuartal II-2021 perekonomian Indonesia mampu tumbuh menjadi 7,07 persen (year-on-year /YoY) dengan tingkat Inflasi nasional yang terkendali diangkat 1,52 persen (YoY). Angka Inflasi tersebut jauh di bawah target Inflasi tahun 2021, yaitu sebesar tiga persen.

“Akan tetapi kita juga harus tahu bahwa Inflasi yang rendah bisa juga bukan hal yang menggembirakan, karena bisa saja ini mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas,”ujarnya.

Oleh karena itu, diharapkan kepada jajaran yang terkait untuk tetap harus waspada dan hati-hati dalam mengatur keseimbangan antara upaya penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi serta mengatur gas dan rem pada kuartal III-2021 ini.

Sementara itu, Presiden RI juga mengungkapkan bahwa pada sektor pertanian dimasa pandemi covid-19 ini juga mampu tumbuh positif diangka 2,95 persen di kuartal I 2021 Dan 0,38 persen dikuartal II.

“InsyaAllah saya yakin pada kuartal III sektor pertanian jug masih bisa tumbuh lebih baik lagi karena potensi pasar masih tetap sangat besar, baik itu di dalam negeri maupun untuk ekspor ke luar negeri,”ungkapnya.

Menghadiri rakornas, Kepala Bappeda didampingi oleh Kadis Perindag, Kadis Ketahanan Pangan Kolaka, Kabag SDA serta kepala SKPD terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *