MUSRENBANG KECAMATAN DAN SERBU VAKSIN

Pelaksanaan musrenbang ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya ditiap-tiap kecamatan, yang mana pada kali ini kegiatan musrenbang yang ke 6 dilaksanakan di Kec. Wundulako bertempat di Aula Kantor Kecamatan Wundulako, Senin (7/2/2022).

Kegiatan musrenbang tingkat kecamatan ini di buka langsung oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kolaka Drs. H. Muh. Bakri, SH., MH selaku yang mewakili Bupati Kolaka, dan turut hadir pula pada kegiatan ini Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik bersama anggota DPRD, Kepala Bappeda H. Sjamsul Kadar, SE., M. Si, Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Kolaka Drs. Wardi, M. Si, Kepala SKPD Lingkup Pemda Kolaka, Camat, Lurah dan Kades serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan agama serta undangan lainnya.

Dalam arahannya Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra menyampaikan bahwa kepada seluruh pihak untuk memperhatikan protokol kesehatan (Prokses), Seperti yang kita ketahui bahwa Varian omicron ini mulai melanda kota-kota besar dan bahkan sudah ada di daerah kita. Untuk itu, semua kegiatan diwajibkan untuk lebih memperhatikan prokes.

Meskipun telah ada warga Kolaka yang terkonfirmasi terpapar varian omicron, Asisten juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih membolehkan adanya kegiatan. Namun, dengan persyaratan harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi.

“Kegiatan musrenbang ini masih akan dilanjutkan di beberapa kecamatan. Di bulan ini juga ada kegiatan MTQ tingkat kabupaten, dan perayaan HUT Kolaka. Apabila saat kegiatan itu berlangsung dan ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster kegiatan tersebut, maka tentu pemerintah akan menunda kegiatan tersebut. Dan kepada warga yang menyelenggarakan pesta perkawinan kami minta juga untuk melaksanakan imbauan pemerintah tersebut,” ujarnya.

Tentunya dengan kaitanya dengan kegiatan musrenbang ini nantinya akan dilakukan penginputan desk semua program yang telah diusulkan disetiap Kecamatan. Semua program skala prioritas maupun program-program yang tentunya berskala kelanjutan, kalau itu sudah di input tentu ini akan menjadi program yang setiap tahunnya dilaksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sementara itu, untuk menekan kasus Covid-19 di Kabupaten Kolaka, dilaksanakan
kegiatan serbu vaksin yang mana kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk menggenjot vaksinasi. Dimana tujuan vaksinasi tersebut yaitu untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok. 

“Alhamdulillah untuk vaksinasi di Sultra, Kabupaten Kolaka yang terbaik. Berdasarkan pendataan online, Kolaka berada di urutan pertama diantara 17 kabupaten/kota di Sultra,” ujarnya.

Untuk lebih mengoptimalkan vaksinasi, maka harus perlu menyasar ke desa atau kelurahan yang presentase tingkat vaksinasinya masih tergolong rendah. Serta juga meminta kepada seluruh SKPD di lingkup Pemkab Kolaka agar memfasilitasi warga yang kesulitan untuk datang ke tempat vaksinasi.

“Kalau ada warga yang sudah tua renta dan belum divaksin, maka sebaiknya para SKPD menyediakan kendaraan untuk mengantar warga tersebut. Kita semua harus membantu pemerintah untuk menyukseskan vaksinasi dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi,”pesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *