GEBYAR MENARA VOKASI TAHUN 2021

Gebyar Menara Vokasi dibuka oleh Dirjen Menara Vokasi Kemendikbud dan Ristek bapak Wikan Sakarinto, ST.M.SC.ph.D.
Turut hadir pada acara ini Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi,SH, Direktur Kemitraan dan Penyalasaraan Dudi, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH, Ketua DPRD atau yang mewakili, Forkopimda, Direktur Politeknik Ujung Pandang Prof. Ir.
Muhammad Anshar, M.SI.ph.D, Kepala SKPD, Dunia Usaha, serta tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 7 hingga 8 Desember 2021 bertempat di Hotel Sutan Raja Kolaka, Selasa (8/12/2021).

Kegiatan ini di awali dengan agenda FGD dengan tema Menguatkan Kolaborasi Pentahelix Melalui Potensi Daerah Ciptakan SDM Unggul, Expo Vokasi dan Pameran Industri, Peninjauan Kampus Politeknik, Peninjauan SMK Baula, serta Kunjungan Ke PT. Antam Pomalaa.

Gebyar vokasi yang dilaksanakan di Sulawesi Tenggara yang bertempat di Kabupaten Kolaka juga di ikuti oleh beberapa provinsi melalui virtual, seperti Menara Vokasi Medan, Pekan Baru, Banjarmasin, Labuan Bajo, dan Kolaka Sulawesi Tenggara, yang mana Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara dihadiri langsung oleh Dirjen Menara Vokasi Kemendikbud dan Ristek.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tenggara menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi atas penyelenggaraan Gebyar Menara Vokasi yang dilaksanakan di Sulawesi Tenggara bertempat di Kabupaten Kolaka.

“Kami menyambut baik dan memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan kegiatan ini, yang mana memiliki arti penting dalam mendorong kemajuan daerah melalui percepatan penyelenggaraan pendidikan vokasi dan memfasilitasi kerja sama antara satuan pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri dengan melibatkan pemerintah daerah, sekolah kejuruan, komunitas serta media massa lokal,”ujarnya.

Gebyar menara vokasi pada tahun 2021 ini merupakan salah satu wujud nyata program LINK AND MATCH yang strategis antara dunia pendidikan dan dunia industri. Sebagaimana kita ketahui program menara vokasi ini sejalan dengan program prioritas pembangunan daerah Sulawesi Tenggara yakni SULTRA CERDAS.

Program Sultra Cerdas ini merupakan kebijakan pembangunan daerah yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempersiapkan sumber daya manusia
yang berkualitas, yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tampil mengimplementasikan pengetahuan serta mumpuni teknologi pada berbagai bidang ilmu pengetahuan yang di landasi atas iman dan takwa.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kemendikbud dan Ristek, bahwa pelaksanaan kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia industri harus sejalan, yang nantinya dengan koloborasi ini kita dapat mengetahui tenaga apa yang dibutuhkan oleh dunia industri dan di siapkan oleh dunia pendidikan, sehingga nantinya tercipta tenaga kerja yang siap pakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *