detail

Tradisi Budaya Mekongga Mosehe Wonua Kabupaten Kolaka Tahun 2023

TRADISI BUDAYA MEKONGGA MOSEHE WONUA KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2023.

Blog Single

Dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya di kabupaten kolaka pemerintah kab.kolaka bersama dengan dewan adat mekongga dan masyarakat adat mekongga melaksanakan tradisi budaya mekongga mosehe wonua kab.kolaka tahun 2023 yang mengusung tema melalui mosehe wonua, kita bersama membangun kolaborasi untuk masyarakat kolaka yang semakin maju dan sejahtera. bertempat di cagar budaya nasional situs makam raja sangia nibandera di desa tikonu kec.wundulako 1/10/2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh bapak bupati kolaka H. Ahmad safei, SH.,MH dan wakil bupati kolaka bapak H. muh. jayadin, SE.,ME. hadir pada kegiatan tersebut Raja mekongga, Pj bupati kolut, bupati koltim, Pj bupati konawe, pimpinan dan anggota DPRD kab.kolaka, Forkopimda kab.kolaka, Pj sekda kab.kolaka, para asisten setda kolaka, Kepala SKPD kab.kolaka, para camat, lurah dan kepala desa se- kab. kolaka, pimpinan lembaga adat majelis kerajaan mekongga, lembaga adat tolaki, ormas tamalaki dan tokoh agama, tokoh budaya, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Dalam sambutannya bapak bupati kolaka menyampaikan bahwa pemerintah kab.kolaka menyambut positif dan memberikan apresiasi sepenuhnya atas penyelenggaraan acara ini yang dihadiri oleh semua komponen masyarakat sehingga dapat lebih meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat kolaka yang heterogen.

Penyelenggaraan tradisi adat mosehe wonua dapat dimaknai bahwa masyarakat mokongga masih menghargai eksistensi budayanya yang telah diciptakan dan diwariskan secara turun temurun di wonua sorume mekongga tercinta ini. mosehe wonua merupakan adat tradisi masyarakat mekongga yang telah berlangsung lama pada masa kekuasaan kerajaan mekongga mosehe itu sendiri berasal dari bahasa mekongga yang berarti ritual yang dipercaya untuk membersihkan jiwa atau mengsucikan negri guna menghindari malapetaka yang akan menimpa umat manusia khususnya masyarakat yang bermukim di wonua sorume i wuta mekongga.

Untuk itu saya berharap kegiatan mosehe menjadi momentum penting dalam berbagai kegiatan pembangunan di kab.kolaka, untuk menciptakan inovasi serta nilai tambah daerah yang tetap berpegang teguh dan berlandaskan kearifan budaya lokal serta dijiwai nilai kebersamaan dengan semangat gotong royong dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai dasar masyarakat yang agamis berbudaya dan nilai kejuangan dalam masyarakat.

Diera kemajuan dan arus modernisasi yang berkembang begitu cepat saat ini yang imbasnya perlahan-lahan mengikis sendi-sendi kehidupan budaya dan adat istiadat bukan saja kita di kolaka tetapi seluruh daerah yang ada di indonesia olehnya itu kegiatan adat mosehe wonua ini sangat telah tepat untuk kita lestarikan paling tidak kegiatan semacam ini, dapat memberikan wawasan dan memberikan edukasi utamanya kepada generasi muda kita untuk tetap melestarikan nilai-nilai budaya di bumi mekongga yang sama-sama kita cintai.

Bagikan halaman ini:

Postingan Terkait :

Komentar