SOSIALISASI DAN DEKLARASI KECAMATAN LAYAK ANAK TAHUN 2021

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Muh. Bakri, SH., MH dalam hal ini yang mewakili Bupati Kolaka membuka secara resmi acara Sosialisasi dan Deklarasi Kecamatan Layak Anak Tahun 2021 di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka, Jum’at (29/10/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kolaka Syarifuddin Baso Rantegau, Forkopimda atau yang mewakili, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan, KB dan PP Prov Sultra atau yang mewakili, Kadis P3A Kab. Kolaka Hj. Andi Wahidah, S.Pd., MM, para Camat Se Kab. Kolaka serta peserta sosialisasi lainnya.

Dalam sambutannya Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra menyampaikan, poin terpenting dari proses pengembangan kabupaten layak anak yaitu adanya komitmen dari semua kepala daerah untuk mewujudkan pemenuhan hak-hak anak dengan didukung oleh pemangku kebijakan di Kecamatan dan Kelurahan maupun Desa serta melakukan koordinasi di antara para stakeholder yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Kab. Kolaka tahun ini telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak predikat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Tentunya Ini merupakan suatu prestasi yang perlu kita apresiasi bersama namun menjadi sebuah tantangan baru bagi kita untuk lebih berperan aktif untuk pencapaian predikat Madya yang InsyaAllah akan kita wujudkan bersama.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi dan deklarasi pembentukan Kecamatan Desa dan Kelurahan yang layak anak ini tidak hanya bersifat seremonial dan administrasi saja, namun lebih dari itu yaitu perhatian, pelayanan, kegiatan, keamanan dan sarana prasarana yang dikembangkan hendaknya dapat dilihat secara nyata dan benar-benar ramah terhadap anak. Sehingga hak-hak anak dapat terpenuhi dan terlindungi tumbuh kembangnya di lingkungan sekitar kita agar dapat terwujud Kabupaten Kolaka layak anak yang semakin maju, berkeadilan dan sejahtera,”ujarnya.

Dilanjutkan dengan Launching Aksi perubahan sistem informasi layak anak mandiri (Siyakin) berbasis aplikasi pada dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kab. Kolaka oleh Revormer Ibu Sulistiawati Sadji, S.P., M. Si peserta Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V tahun 2021.

Pada kesempatan ini, Ibu Sulistiawati Sadji, S.P.,M. Si selaku revormer menyampaikan bahwa dari sekian anak yang ada di Kab. Kolaka ada diantara mereka yang bernasib kurang beruntung yaitu mereka yang putus sekolah dan anak-anak yang rentan permasalahan sosial lainnya yaitu ABH, anak terlantar, penyandang disabilitas dan lain sebagainya. “Hal ini yang mendorong saya selaku revormer untuk membuat sebuah inovasi baru yang berkaitan dengan informasi layak anak dengan tujuan agar dapat membantu anak-anak kita untuk mendapatkan informasi beasiswa, bantuan permodalan dan pelatihan keterampilan agar mereka bisa hidup mandiri,”ujarnya.

Tentunya ini sejalan dengan indikator penilaian Kabupaten layak anak di kluster satu yaitu hak sipil dan kebebasan, di mana pemenuhan hak anak atas informasi yang layak bagi mereka tentunya harus kita upayakan. Oleh karena itu, saya membuat aplikasi sistem informasi layak anak mandiri untuk dapat membantu anak pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dan tentunya aksi perubahan ini tidak terlepas dari dukungan para stakeholder baik internal dan eksternal sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *