SIDANG PANITIA PERTIMBANGAN LANDREFORM (PPL) KABUPATEN KOLAKA

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra
Drs.H. Muh. Bakri, SH., MH mewakili Bupati Kolaka menghadiri Sidang Panitia Pertimbangan Landreform. Kegiatan sertifikasi redistribusi tanah tahun anggaran 2021 yang dilaksanakan di Aula Kantor Pertanahan Kolaka, Senin (22/11/2021).

Hadir pada acara ini Kepala Kantor Pertanahan Ismail Tama, SH serta anggota panitia pertimbangan landreform.

Sidang panitia pertimbangan landreform dilaksanaan dalam rangka membahas dan menetapkan objek dan subjek redistribusi yang berdasarkan hasil inventarisasi dan identifikasi objek dan subjek pengukuran dan pemetaan. Kegiatan redistribusi tanah di Kabupaten Kolaka pada tahun anggaran 2021 dengan target sebanyak tiga ribu seratusan bidang yang terdiri dari 16 desa dan 8 kecamatan.

Pada kesempatan ini, asisten I menyampaikan, dengan adanya kegiatan redistribusi tanah di Kabupaten Kolaka masyarakat harus mendaftarkan lokasi tanahnya, sehingga dapat memiliki sertifikat yang mana kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi sengketa tanah dan konflik agraria.

Reformasi agraria ini merujuk pada penataan kembali struktur penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran masyarakat.

Tak hanya itu, asisten I juga mengatakan dengan adanya pertemuan ini pemerintah daerah akan berupaya untuk mengevaluasi kendala yang terjadi di lapangan serta mencarikan solusinya. Serta diharapkan pula kepada pihak pertanahan agar berkoordinasi dan selektif dalam penerbitan sertifikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *