PELANTIKAN DEWAN PIMPINAN TAMALAKI WONUA MEKONGGA DAN SEMINAR BUDAYA MEKONGGA, HOTEL SUTAN RAJA KOLAKA. 26/6/2021

Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) TAMALAKI WONUA MEKONGGA dengan tema “Membumikan Nilai Medulu Mepokoaso Dalam Mengokohkan Ketahanan Nasional di Bumi Mekongga” yang juga dirangkaikan Seminar Budaya dalam rangka Memperingati Milad Ke-1 Taawu Mekongga, mengupas nilai filosofi medulu mepokoaso dalam bidang kalosara sebagai warisan budaya suku tolaki di Hotel Sutan Raja, Kolaka (26/6/2021).

Turut hadir pada acara pelantikan ini Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH, Bupati Kolaka Timur Hj. Andi Merya, S.IP, Wakil Bupati Kolaka yang juga sebagai dewan adat H. Muh. Jayadin, SE., ME, Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, S.I.K., M.Si, Rektor USN Kolaka DR. Azhari, S.STP.,M.SI, mewakili DPP LAT Hj. Dewi Yanti Tamburaka, SH., M.Si serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Yusran Wasiri, S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Tamalaki Wonua Mekongga mengatakan, Wonua Mekongga merupakan wilayah kesatuan suku tolaki yang mendiami wilayah adat mekongga yang meliputi Kabupaten Kolaka, Koltim dan Kolut. Organisasi tamalaki wonua mekongga adalah wadah pengembangan sumber daya pemuda dalam masyarakat adat mekongga yang akan menjaga dan melindungi hak-hak adat mekongga di wilayah kesatuan hukum adat mekongga, dengan berdasarkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam perwujudan kalosara sebagai tata hukum masyarakat adat tolaki.

Organisasi tamalaki wonua mekongga dibentuk dengan maksud untuk mengkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah, provinsi maupun kabupaten sebagai pengayom masyarakat suku tolaki mekongga dan tidak bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945.

Demikian halnya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kolaka yang juga sebagai Dewan Adat mengatakan, bahwa tamalaki wonua mekongga ini diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah serta menjaga dan memelihara budaya mekongga dan jangan mau dimanfaatkan kedalam dunia politik.

Sementara itu, Bupati Kolaka juga menyampaikan, selamat dan mengapresiasi atas pelantikan pengurus organisasi tamalaki wonua mekongga semoga dengan terbentuknya organisasi ini dapat membawa program yang baru dan segar, serta membawa dinamika organisasi ke arah yang lebih baik dan positif. Kami berharap organisasi ini dapat memberikan kontribusi nyata serta bersama dengan pemerintah dapat berupaya menemukan solusi-solusi terbaik atas berbagai permasalahan yang dihadapi. Dengan terbentuknya organisasi dan pelantikan dewan pengurus ini kita harapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Kabupaten Kolaka .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *