BUPATI KOLAKA IKUTI VIDCON HARI PANGAN SEDUNIA KE-41 TAHUN 2021

Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH mengikuti video conference dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 tahun 2021 di Command Center Diskominfo Pemda Kolaka, Senin (25/10/2021).

Hadir pada kegiatan ini Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Muhammad Bachrun Hanise, MT, Kadis Perkebunan dan Peternakan Hasbir Jaya Razak,SP, Kadis Ketahanan Pangan Dr. Muhammad Azikin, STP, MS, serta peserta vidcon lainnya, yang mana Vidcon ini sendiri diikuti oleh 41 daerah di Indonesia dan beberapa negara-negara sahabat.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) untuk Indonesia dan Timur Leste, Rajendra Aryal menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan pertanian Indonesia dimasa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, disaat kondisi pangan dan perekonomian mengalami penurunan akibat dampak dari pandemi covid-19, justru pertanian Indonesia tetap mampu menyediakan pangan sehingga PDB (Produk Domestik Bruto) sektor pertanian terus mengalami pertumbuhan yang positif.

Tak hanya itu, beliau juga menegaskan bahwa komitmen FAO untuk memberikan lebih banyak dukungan dalam upaya untuk melakukan transformasi sistem pangan Indonesia menjadi lebih berkelanjutan. Dukungan tersebut diberikan karena pemerintah Indonesia telah menunjukkan upaya yang sangat luar biasa untuk mengatasi dampak negatif dari adanya pandemi covid-19 terhadap kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo,SH.,MH mengatakan, HPS ke-41 tahun 2021 ini bertemakan “Pertanian Meningkat, Pangan Aman, di Tengah Pandemi Krisis Global”, yang mana tujuan dari tema tersebut ialah untuk memperkuat kerja sama dan untuk meningkatkan koordinasi fungsional yang lebih efektif dari seluruh komponen pemerintah dan masyarakat guna dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Saat ini tantangan yang harus dihadapi oleh sektor pertanian ke depannya semakin berat, mengingat akan adanya perubahan iklim, krisis air dan lonjakan pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia bahkan dunia. Oleh karena itu, HPS ke-41 ini dijadikan sebagai salah satu momentum konsolidasi emosional oleh semua pihak untuk menghadapi tantangan sektor pertanian untuk kedepan yang semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *