ADVOKASI PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN IPM,IPG DAN IDG DIKABUPATEN KOLAKA MENUJU PENGHARGAAN ANUGERAH PARAHITA EKAPRAYA (APE) DI RUANG SMS BERJAYA. 2/12/2021

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kolaka dalam hal ini diwakili oleh Asisten III, Setda Kab.Kolaka, Drs. Wardi, M.Si ketua DPRD Kab.kolaka, Ir. Syaifulla Halik, Kepala Bapeda H. Sjamsul Kadar, SE.,M.Si Pelaksana tugas Dinas Peberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj. Andi Wahida, S.Pd.,MM,  kepala skpd atau yang mewakili, para peserta dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Kolaka yang diwakili oleh Asisten III, menjelaskan pengarusutamaan gender dikabupaten kolaka ini telah diorientasikan dalam semua kebijakan dan pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan gender dimana hal ini tertuang dalam peraturan daerah No.2  tahun 2016 tentang pengarusutamaan gender atau (PG).

Berbagai upaya dan telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten kolaka dalam membangun kesadaran gender dikalangan pemerintah dengan salah satunya pppbisa mengadakan kegiatan ini agar kita bisa merespon kebutuhan perempuan dalam mengisi pembangunan disemua bidang.

Pengarusutamaan gender adalah kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam memperoleh akses manfaat partisipasi pengambilan keputusan dan mengontrol sumber daya serta kesetaraan antara laki-laki dan perempuan terhadap kesempatan dan peluang dalam menikmati hasil pembangunan.

Dalam konsep pengarusutamaan gender memberikan perlakuan adil bagi kelompok target laki-laki dan perempuan hak asasi manusia meniadakan atau mengurangi kesenjangan gender agar terciptanya pembangunan yang responsip atau perspektif gender. Pengarusutamaan gender dilaksanakan dengan melakukan analisa gender berupa identifikasi issue gender atau kesenjangan gender serta sebab-sebab terjadinya dan upaya pemecahannya.

Strategi adil untuk mencapai kesetaraan gender dapat dilakukan melalui kebijakan program yang memperhatikan kebutuhan berbagai pihak yang tetap berorientasi pada konsep gender di kab.kolaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *